PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bertujuan menghasilkan Sarjana berkualitas dan professional dalam bidang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah atau setara dengan pendidikan tingkat dasar di sekolah (SD) yang dilandasi keluhuran akhlak serta mampu berperan dalam mengembangkan ilmu Pendidikan dasar di masyarakat.

Jurusan PGMI berstatus terakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Sarjana tanggal 2 Mei 2015.

Identitas
Nama Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No. 30 Serang Banten
Ketua Jurusan : Moh. Rifqi Rijal, S.Si, M.MPd
Sekretaris Jurusan : Akrom, S.Ag, M.Ag

VISI
Menjadi program studi yang dapat menghasilkan guru professional di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD) serta mampu mengintegrasikan aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan dasar;
  2. Melaksanakan penelitian dan mengembangkan teori-teori dan konsep keilmuan pendidikan dasar;
  3. Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat untuk membantu menghadapi dan memecahkan permasalahan pendidikan dasar;
  4. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Tenaga Pendidik dan Kependidikan Program Studi Pendidikan Guru MI/SD yang berkarakter kuat dan bermoral;
  5. Menjalin kerjasama dan menyediakan informasi sebagai rujukan bagi stake holders dalam bidang pendidikan dasar.

Tujuan (purpose)

  1. Menghasilkan guru kelas yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai di bidang pendidikan dasar;
  2. Menghasilkan guru kelas yang memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran, yang meliputi
    • kompetensi pedagogik;
    • kompetensi kepribadian;
    • kompetensi profesional; dan
    • kompetensi sosial;
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dasar dan/atau pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar;
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pengelola (menajer) di lembaga pendidikan dasar;
  5. Membangun jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan, dan stakeholders lainnya.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah:

  1. Kompetensi Kepribadian
    • Mampu mengembangkan diri sebagai pendidik muslim yang professional;
    • Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang persoalan-persoalan Manajemen dan Supervisi untuk meningkatkan kualitas Sekolah dan Madrasah;
  2. Kompetensi Pedagogik
    • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran di SD/MI;
    • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas;
  3. Kompetensi Profesional
    • Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan sebagai guru kelas di MI/SD;
    • Menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan utuh pendidikan peserta didik MI/SD;
    • Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Seni, Budaya dan Keterampilan yang mendukung pembelajaran Seni, Budaya dan Keterampilan di MI/SD;
  4. Kompetensi Sosial
    • Memiliki pengetahuan dan kepedulian tentang persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kenegaraan;
    • Memiliki keterampilan menganalisis, memecahkan masalah, dan bekerja sama dengan orang lain;
    • Memiliki kepekaan sosial untuk peningkatan kualitas Sekolah/Madrasah bersama-sama dengan masyarakat.

Laman resmi jurusan http://ftk.iainbanten.ac.id/pgmi